Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Perusahaan Dan Sejarah VIVO

1. Profil Perusahanaan VIVO

Di Indonesia, Vivo merupakan satu-satunya produsen smartphone mutakhir. Setiap tahun, perusahaan yang bersangkutan meluncurkan smartphone baru yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Vendor Cina yang dimaksud juga secara konsisten mengejar pengembangan teknologi khusus smartphone baru. Vivo masih aktif mengembangkan dan merilis berbagai produk baru hingga tulisan ini dibuat.

Berikut Merupakan Company profile Vivo:

  • Nama perusahaan: Vivo Technology Co. Ltd. / Vivo Communication Technology Co. Ltd.
  • Perusahaan induk: BBK Electronics
  • Industri: Elektronik Konsumen
  • Tahun berdiri: 2009
  • Pendiri: Shen Wei
  • Kantor pusat: Dongguan, Guangdong, Tiongkok
  • Area operasi: Global
  • Tokoh kunci: Shen Wei (CEO), Jerome Chen (CMO & VP Vivo India)
  • Produk: Smartphone, Hi-fi, aksesoris, software, dan layanan online
  • Brand: iQOO
  • Jumlah karyawan: 10.000 (2020)
  • Website: Global, Indonesia, China

2. Sejarah VIVO

Vivo atau Vivo Technology Co. Ltd. adalah sebuah perusahaan elektronika asal Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Perusahaan ini adalah anak dari BBK Electronics dan Dikomandoi oleh Shen Wei, perusahaan ini memproduksi ponsel pintar, perangkat sandang, dan layanan berbasis digital. BBK Electronics juga memiliki Oppo, Realme dan One Plus.

Perusahaan Vivo pun mengembangkan perangkat lunak untuk ponsel, di distribusikan melalui App Store vivo, dengan iManager termasuk dalam kepemilikan mereka, sistem operasi berbasis Android, Funtouch OS.

Vivo didirikan pada tahun 2009. Ekspansi internasional Vivo dimulai pada tahun 2014 dengan memasuki pasar Thailand. Tidak lama kemudian, produk Vivo merambah pasar Indonesia, India, Myanmar, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Kemudian pada tahun 2017, Vivo melebarkan sayapnya ke Rusia, Sri Lanka, Hong Kong, Taiwan, Makau, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Bangladesh, dan Nepal. Bulan Juni 2017, Vivo berekspansi ke Pakistan dan dengan cepat meraih popularitas di sana.

Oktober 2020, Vivo mengumumkan rencana perluasan penjualan ke pasar Eropa. Melansir halaman profil perusahaan Vivo resmi, sampai detik ini Vivo telah memiliki lebih dari 400 juta pengguna yang tersebar di 50 negara dan wilayah. Basis produksi Vivo terletak di 5 tempat, yaitu:

  1. Chongqing, Tiongkok
  2. Dongguan, Tiongkok
  3. Noida, India
  4. Dhaka, Bangladesh
  5. Tangerang, Indonesia

Di lima titik produksi di atas, Vivo menghasilkan hampir 200 juta unit smartphone per tahun.

17 Desember 2020, Vivo membuat lompatan besar dengan menjalin kerja sama jangka panjang dengan Zeiss. Tujuan kerja sama ini adalah untuk mengembangkan inovasi teknologi pencitraan selular (mobile imaging). Zeiss sendiri merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sistem optik dan optoelektronika.

Langkah pertama dari kerja sama ini adalah pendirian Vivo Zeiss Imaging Lab. Di laboratorium inilah Vivo dan Zeiss akan menjalankan program Research and Development (R&D) mobile imaging untuk smartphone Vivo. Rencananya, inovasi perdana Vivo x Zeiss akan ditampilkan dalam seri Vivo X60.

Demikian penjelasan tentang Profil Perusahaan Dan Sejarah VIVO. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu.